Sunday 28 October 2012

Racun yang tidak Tampak


Ketika suatu zat terbakar sempurna, yaitu jika jumlah oksigen (O2) yang cukup, maka sisa pembakaran berupa karbon dioksida (CO2) akan dilepas ke udara. Jika pembakaran berlangsung tidak sempurna, yaitu dalam keadaan oksigen tidak cukup, maka akan menghasilkan beberapa zat yang berbeda. Gas itu adalah karbon monoksida (CO). karbon dioksida juga dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor, pabrik yang menggunakan batu bara dan pembakaran kayu.

Molelukul karbon monoksida adalah gas berbahaya. Karbon monoksida dapat mengikat dengan kuat protein pembawa oksigen dalam darah, yaitu hemoglobin. Jika hal itu terjadi, maka karbon monoksida menghambat oksigen dengan mengikat hemoglobin. Karbon monoksida dan hemoglobin membentuk ikatan yang sangat stabil. Ikatan yang stabil, artinya ikatan yang tidak mudah bereaksi dengan unsur lain. Disamping itu, sejumlah kecil gas karbon monoksida cukup membuat banyak hemoglobin dalam darah tidak aktif, membuatnya tidak mampu membawa oksigen keseluruh tubuh.

Jika kemampuan hemoglobin mengangkut oksigen terhambat karena diikat oleh molekul karbon monoksida, maka akibatnya jaringan tubuh akan kekurangan oksigen. Kematian dapat terjadi hanya dalam waktu beberapa menit karena keracuanan karbon monoksida. Salah satu gejala orang keracunan karbon monoksida sedikit mengherankan. Ikatan karbon monoksida-hemoglobin berwarna cerah, lebih cerah dari warna hemoglobin normal.

Oleh karena korban keracunan karbon monoksida sering kali tampak cerah seperti orang sehat, maka apa yang harus dilakukan terhadap orang yang keracunan karbon monoksida tersebut? Yang haris dilakukan, yaitu mereka haris segera dibawa ke udara terbuka untuk memperoleh udara segar dan sedapat mungkin segera mendapatkan oksigen sebanyak-banyaknya agar darah mendapatkan ganti oksigen yang hilang.

Knalpot mobil, pipa pabrik, cerobong asap pembakaran dan pemanas ruangan harus mendapatkan cukup perhatian agar tidak terjadi kebocoran. Ventilasi ruangan haris cukup untuk mereka yang bekerja dengan mesin berbahan bakar bensin atau solar  di ruangan tertutup, seperti menghidupkan mesin di dalam garasi tertutup merupakan tindakan ceroboh yang dapat membawa petaka.

0 comments:

Post a Comment