Friday, 3 August 2012

10 Makna Logo Design


Logo dalam perannya sebagai identitas tentu tidak cukup hanya mengandalkan tampilan bentuk yang memukau secara estetika, tapi juga harus punya makna dan filosofi yang akan terus membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Filosofi dan makna dalam sebuah logo terkadang tidak harus diutarakan secara gamblang. perusahaan dibawah ini adalah contoh yang baik dalam menyampaikan makna dan filosofi dengan cara tersembunyi, sehingga tetap membuat penasaran dan berkesan bagi orang yang melihatnya. Nah, Kali ini, saya ingin mengajak para designer-designer muda untuk mengenal lebih dekat logo-logo terkenal, dan kisah di balik pembuatan logo tersebut. Cekidot!!!


1. FedEx


Semua orang mengenal Federal Express atau FedEx sebagai perusahaan terkemuka dalam industri
ekspedisi yang berbasis di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. FedEx memiliki logo yang sangat sederhana, dan mungkin bagi sebagian orang, terlalu sederhana. Hanya sebuah tulisan FedEx dalam paduan warna orange dan ungu. Namun, jika sribuddies perhatikan dengan seksama paduan huruf “E” dan “X”, maka sribuddies akan menemukan sebuah tanda panah putih yang menunjuk ke arah kanan. Menurut Lindon Leader, sang kreator, tanda panah ini memang sengaja ia “sembunyikan” pada design logo yang ia buat pada tahun 1994 itu – sebagai pembaruan dari logo FedEx sebelumnya – sebagai perlambang tujuan perusahaan, yakni untuk terus bergerak maju. Hasilnya, design logo sederhana ini telah memenangkan puluhan penghargaan internasional.


2. Adidas




Jika anda gemar berolahraga, dan suka mengenakan sepatu, pakaian dan aksesoris yang bergaya sporty, maka anda pasti tidak asing dengan merek Adidas. Merek itu sendiri diambil dari akronim nama pendirinya, Adolf “Adi” Dassler. Logo di atas merupakan penyempurnaan dari logo sebelumnya yang dibuat oleh Peter Moore. Jika sribuddies perhatikan, ketiga garis diagonal tak hanya membentuk siluet huruf A, namun juga sebuah gunung, yang merepresentasikan halangan dan rintangan yang ada di depan mata, sekaligus puncak tujuan yang bisa diraih dengan usaha.



3. Amazon.com


Mungkin anda pernah memesan buku, atau mengunduh musik secara online dari situs ternama Amazon.com? Jika ya, maka kemungkinan besar sribuddies sudah familiar dengan design logo Amazon.com yang satu ini. Lagi-lagi, design logonya tampak sangat sederhana. Satu-satunya aspek design yang tampil menonjol dalam logo ini adalah anak panah berwarna orange. Sekilas, mungkin anda menganggap anak panah tersebut merefleksikan sebuah senyuman. Well, pendapat tersebut setengah benar, karena jika sribuddies perhatikan, anak panah tersebut berpangkal di huruf “A” dan berujung di huruf “Z”. Dengan kata lain, “From A to Z” – dari A ke Z, yang menggambarkan bahwa Amazon.com merupakan situs online yang menjajakan semua jenis barang, di samping juga melukis senyum penuh kepuasan di wajah semua pelanggannya.



4. Apple











Siapa yang tidak mengenal logo yang satu ini. Yang mungkin anda tidak ketahui adalah, pada awalnya slogan Apple adalah “Byte into an Apple” – permainan kata-kata yang sangat kreatif, dengan memanfaatkan pasangan kata homofon “byte” dan “bite” – menggigit. Logo Apple sendiri ditafsir memiliki keterkaitan erat dengan kisah Adam, Hawa dan dosa pertama manusia, yakni memetik dan memakan buah dari Pohon Pengetahuan – yang diyakini merupakan buah apel. Namun, logo apel yang telah digigit bukan lantas menggambarkan manusia yang telah berdosa. Menurut Rob Janoff, sang kreator, bekas gigitan tersebut justru ia ciptakan agar publik tidak salah mengartikan logo apelnya sebagai tomat. Lucunya, sisi humor tersebut justru mengantarkan logo ini ke dalam daftar logo paling dikenang sepanjang masa, dan meraih banyak penghargaan internasional. 


5. Audi



Produsen mobil mewah asal Jerman ini memiliki logo yang sederhana, namun meninggalkan kesan yang mendalam. Empat buah lingkaran berwarna perak digabungkan menjadi satu, memayungi kata Audi berwarna merah. Banyak kalangan menerka keempat lingkaran terinspirasi dari logo Olimpiade. Namun, sebenarnya keempat lingkaran tersebut merepresentasikan empat perusahaan yang tergabung dalam Auto-Union Consortium pada tahun 1932, yakni DKW, Horch, Wanderer dan Audi.




6. BMW













Tak mau ketinggalan dengan Audi, BMW juga memiliki design logo yang sangat mudah diingat. Logo yang dikenal dengan sebutan “roundel” ini pertama kali tercetus pada tahun 1917. Logonya terdiri dari sebuah lingkaran hitam tebal dengan garis tepi tipis berwarna perak. Huruf-huruf “BMW” ditulis di paruh atas lingkaran hitam tersebut, menaungi empat papan catur berwarna campuran biru dan putih, yang menggambarkan langit dan baling-baling pesawat, mengingat BMW mengawali dominasinya di bidang otomotif sebagai perusahaan pembuat mesin pesawat terbang. Di samping itu, warna biru langit dan putih juga merupakan warna nasional Bavaria (yang kini menjadi bagian dari Negara
Jerman), tempat BMW pertama berdiri.


7. Mercedes-Benz





Lain lagi cerita di balik design logo Mercedes-Benz. Perusahaan yang identik dengan produk-produk otomotif kalangan atas ini terbentuk dari kongsi dua perusahaan yang tadinya merupakan saingan berat, yakni Benz & Cie. dan Daimler Motoren    Gesellschaft (DMG). Logo Mercedes-Benz sendiri berawal dari kreasi Gottlieb Daimler pada tahun 1909. Bintang bersudut tiga itu melambangkan dominasi perusahaan ini di darat, laut maupun udara. Logo yang sangat ambisius ini nyatanya sukses menempatkan dirinya sebagai salah satu logo paling dikenang sepanjang masa.


8. Toyota




Bukan hanya produsen mobil Eropa saja yang memiliki design logo menakjubkan. Design logo Toyota pun dielu-elukan sebagai salah satu design logo paling kreatif dan abadi. Toyota merupakan gabungan dari dua kata Jepang, yakni “Toyo” yang berarti “berkelimpahan” dan “Ta” yang berarti “beras”. Menurut beberapa kebudayaan kuno Asia, beras merupakan simbol dari kemakmuran. Jadi, secara tersirat, Toyota berambisi untuk menghasilkan kemakmuran yang berkelimpahan, dengan cara menggabungkan jiwa konsumen, jiwa produk dan jiwa perkembangan teknologi yang pada akhirnya menghasilkan kesempatan tak terbatas di masa depan. Hal itu tercermin dari logo Toyota yang merupakan gabungan dari tiga bentuk elips.


9. Formula 1




Kita akan menemukan angka 1 terlihat diantara huruf F dan garis-garis merah. Selain menggunakan simbol tersembunyi, logo ini juga cukup baik dalam mengkomunikasikan perasaan "cepat" dalam tampilan logo yang sederhana.


10. Carrefour

Carrefour adalah salah satu perusahaan retail terbesar di dunia. Logonya berupa dua tanda panah yang berlawanan arah, dan ditengah-tengah, kita bisa melihat huruf C tampil dengan cantik sebagai negative space.














Dikutip dari blog.sribu.com, dengan sedikit perubahan....





5 comments:

Post a Comment