Logo dalam perannya sebagai
identitas tentu tidak cukup hanya mengandalkan tampilan bentuk yang memukau
secara estetika, tapi juga harus punya makna dan filosofi yang akan terus
membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Filosofi dan makna dalam sebuah
logo terkadang tidak harus diutarakan secara gamblang. perusahaan dibawah ini
adalah contoh yang baik dalam menyampaikan makna dan filosofi dengan cara
tersembunyi, sehingga tetap membuat penasaran dan berkesan bagi orang yang
melihatnya. Nah, Kali ini, saya ingin
mengajak para designer-designer muda untuk mengenal lebih dekat
logo-logo terkenal, dan kisah di balik pembuatan logo tersebut. Cekidot…!!!
1. FedEx
Semua orang mengenal
Federal Express atau FedEx sebagai perusahaan terkemuka dalam industri
ekspedisi yang berbasis di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. FedEx memiliki
logo yang sangat sederhana, dan mungkin bagi sebagian orang, terlalu sederhana.
Hanya sebuah tulisan FedEx dalam paduan warna orange dan ungu. Namun, jika
sribuddies perhatikan dengan seksama paduan huruf “E” dan “X”, maka sribuddies
akan menemukan sebuah tanda panah putih yang menunjuk ke arah kanan. Menurut
Lindon Leader, sang kreator, tanda panah ini memang sengaja ia “sembunyikan”
pada design logo yang ia buat pada tahun 1994 itu – sebagai pembaruan dari logo
FedEx sebelumnya – sebagai perlambang tujuan perusahaan, yakni untuk terus
bergerak maju. Hasilnya, design logo sederhana ini telah memenangkan puluhan
penghargaan internasional.
2. Adidas
Jika
anda gemar berolahraga, dan suka mengenakan sepatu, pakaian dan aksesoris yang
bergaya sporty, maka anda pasti tidak asing dengan merek Adidas. Merek itu
sendiri diambil dari akronim nama pendirinya, Adolf “Adi” Dassler. Logo di atas
merupakan penyempurnaan dari logo sebelumnya yang dibuat oleh Peter Moore. Jika
sribuddies perhatikan, ketiga garis diagonal tak hanya membentuk siluet huruf
A, namun juga sebuah gunung, yang merepresentasikan halangan dan rintangan yang
ada di depan mata, sekaligus puncak tujuan yang bisa diraih dengan usaha.
3. Amazon.com
Mungkin anda
pernah memesan buku, atau mengunduh musik secara online dari situs ternama
Amazon.com? Jika ya, maka kemungkinan besar sribuddies sudah familiar dengan
design logo Amazon.com yang satu ini. Lagi-lagi, design logonya tampak sangat
sederhana. Satu-satunya aspek design yang tampil menonjol dalam logo ini adalah
anak panah berwarna orange. Sekilas, mungkin anda menganggap anak panah
tersebut merefleksikan sebuah senyuman. Well, pendapat tersebut setengah benar,
karena jika sribuddies perhatikan, anak panah tersebut berpangkal di huruf “A”
dan berujung di huruf “Z”. Dengan kata lain, “From A to Z” – dari A ke Z, yang
menggambarkan bahwa Amazon.com merupakan situs online yang menjajakan semua
jenis barang, di samping juga melukis senyum penuh kepuasan di wajah semua
pelanggannya.
4. Apple
Siapa
yang tidak mengenal logo yang satu ini. Yang mungkin anda tidak ketahui adalah,
pada awalnya slogan Apple adalah “Byte into an Apple” – permainan kata-kata
yang sangat kreatif, dengan memanfaatkan pasangan kata homofon “byte” dan
“bite” – menggigit. Logo Apple sendiri ditafsir memiliki keterkaitan erat
dengan kisah Adam, Hawa dan dosa pertama manusia, yakni memetik dan memakan
buah dari Pohon Pengetahuan – yang diyakini merupakan buah apel. Namun, logo
apel yang telah digigit bukan lantas menggambarkan manusia yang telah berdosa.
Menurut Rob Janoff, sang kreator, bekas gigitan tersebut justru ia ciptakan
agar publik tidak salah mengartikan logo apelnya sebagai tomat. Lucunya, sisi
humor tersebut justru mengantarkan logo ini ke dalam daftar logo paling dikenang
sepanjang masa, dan meraih banyak penghargaan internasional.
5. Audi
Produsen
mobil mewah asal Jerman ini memiliki logo yang sederhana, namun meninggalkan
kesan yang mendalam. Empat buah lingkaran berwarna perak digabungkan menjadi
satu, memayungi kata Audi berwarna merah. Banyak kalangan menerka keempat
lingkaran terinspirasi dari logo Olimpiade. Namun, sebenarnya keempat lingkaran
tersebut merepresentasikan empat perusahaan yang tergabung dalam Auto-Union
Consortium pada tahun 1932, yakni DKW, Horch, Wanderer dan Audi.
6. BMW
Tak mau ketinggalan
dengan Audi, BMW juga memiliki design logo yang sangat mudah diingat. Logo yang
dikenal dengan sebutan “roundel” ini pertama kali tercetus pada tahun 1917.
Logonya terdiri dari sebuah lingkaran hitam tebal dengan garis tepi tipis
berwarna perak. Huruf-huruf “BMW” ditulis di paruh atas lingkaran hitam
tersebut, menaungi empat papan catur berwarna campuran biru dan putih, yang
menggambarkan langit dan baling-baling pesawat, mengingat BMW mengawali dominasinya
di bidang otomotif sebagai perusahaan pembuat mesin pesawat terbang. Di samping
itu, warna biru langit dan putih juga merupakan warna nasional Bavaria (yang
kini menjadi bagian dari Negara
Jerman), tempat BMW pertama berdiri.
7. Mercedes-Benz
Lain lagi cerita di balik design logo Mercedes-Benz.
Perusahaan yang identik dengan produk-produk otomotif kalangan atas ini
terbentuk dari kongsi dua perusahaan yang tadinya merupakan saingan berat,
yakni Benz & Cie. dan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Logo
Mercedes-Benz sendiri berawal dari kreasi Gottlieb Daimler pada tahun 1909.
Bintang bersudut tiga itu melambangkan dominasi perusahaan ini di darat, laut
maupun udara. Logo yang sangat ambisius ini nyatanya sukses menempatkan dirinya
sebagai salah satu logo paling dikenang sepanjang masa.
8. Toyota
Bukan hanya produsen mobil Eropa saja yang memiliki
design logo menakjubkan. Design logo Toyota pun dielu-elukan sebagai salah satu
design logo paling kreatif dan abadi. Toyota merupakan gabungan dari dua kata
Jepang, yakni “Toyo” yang berarti “berkelimpahan” dan “Ta” yang berarti
“beras”. Menurut beberapa kebudayaan kuno Asia, beras merupakan simbol dari
kemakmuran. Jadi, secara tersirat, Toyota berambisi untuk menghasilkan
kemakmuran yang berkelimpahan, dengan cara menggabungkan jiwa konsumen, jiwa
produk dan jiwa perkembangan teknologi yang pada akhirnya menghasilkan
kesempatan tak terbatas di masa depan. Hal itu tercermin dari logo Toyota yang
merupakan gabungan dari tiga bentuk elips.
9. Formula 1
Kita
akan menemukan angka 1 terlihat diantara huruf F dan garis-garis merah. Selain
menggunakan simbol tersembunyi, logo ini juga cukup baik dalam
mengkomunikasikan perasaan "cepat" dalam tampilan logo yang sederhana.
10. Carrefour
Carrefour
adalah salah satu perusahaan retail terbesar di dunia. Logonya berupa dua tanda
panah yang berlawanan arah, dan ditengah-tengah, kita bisa melihat huruf C
tampil dengan cantik sebagai negative space.
5 comments:
tes :)) :)]
test :)] :)) b-( 48
:p
=)) ~x(
:D
Post a Comment