Wednesday 7 November 2012

Tugu Kilometer Nol


Tugu Kilometer Nol berada dalam Areal Hutan Wisata Sabang  di ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Naggroe Aceh Darussalam, Indonesia.
Tugu Kilometer nol merupakan sebuah bangunan yang menjulang setinggi 22.5 meter dan terletak pada ketinggian 43.6 meter diatas permukaan laut. Tugu ini berbentuk lingkaran berjeruji dan semua bagiannya dicat dengan warna putih. Bagian atas lingkaran ini menyempit seperti mata bor. Di puncak tugu bertengger patung burung garuda menggenggam angka nol. Sebuah prasasti marmer hitam menunjukan posisi geografis tempat ini : Lintang Utara 05 54`21,99” Bujur Timur 95 12` 59 02”. Selain itu, di dinding bangunan juga tertempel prasasti peresmian tugu yang ditandatangani oleh Try Sutrisno saat masih menjabat sebagai Wakil Presiden. Prasasti itu ditandatangani di Banda Aceh, Ibukota NAD, pada 9 September 1997.

Sebelumnya terdapat tugu lain yang diyakini sebagai ‘Kilometer Nol Indonesia. Namun, setelah dilakukan penelitian oleh pakar Badan Pangkajian dan Penerapan (BPPT) dengan menggunakan GPS (Geo Positioning System), lokasi itulah yang kemudian diputuskan sebagai titik nol Indonesia. Hal itu tertulis dalam prasasti lainnya yang ditandatangani oleh BJ Habibie  pada 24 september 1987. Oleh karena itu tugu yang lama dinyatakan sebagai Tugu Kilometer 7 Indonesia.

0 comments:

Post a Comment